RSS

Arti sebuah perjalanan

Saat ini, sebulan yang lalu. Tanggal 19. Kami masih di Siem Reap. Menikmati keindahan sunrise di Angkor Wat. Perjalanan yang lumayan panjang tapi sangat menyenangkan. Perjalanan Indonesia-Singapore-Malaysia-Thailand-Kamboja-Thailand-indonesia. Seperti terlihat banyak yak daerah yang dikunjungi. Saya bukan ingin sublim (istilah temen saya anak sosiologi), saya menulis ini karena saya merindukan masa-masa itu. Masa dimana saya bersama sahabat terbaik saya melakukan sebuah perjalanan. Perjalanan yang bukan cuma ingin mengatakan 'saya disini' tapi saya mengartikannya lebih dari itu. Saya bersyukur.

Perjalanan itu bukan masalah kemana, namun dengan siapanya. Jika pergi bersama orang2 asik maka asyik jika bersama orang gak asyik jadi gak asik. Saya menikmati kegiatan mengunjungi wilayah baru. Semakin asing, semakin seru, semakin saya tidak perlu perduli dengan hal-hal sepele.

Perjalanan itu bukan masalah menang atau kalah. Bukan masalah seberapa banyak tempat yang didatangi, tapi lebih kepada seberapa banyak hikmah yang di petik. Dan saya bersyukur.

Teman saya pernah ngirimin foto ini di whatsapp:

dan saya mengartikan bahwa setiap "page"nya itu mengajarkan banyak hikmah. Tentang keberagaman, tentang bagaimana kita bersosialisasi, tentang bagaimana menghadapi perbedaan, toleransi. Banyak bertemu orang baru dan ternyata semua orang itu sama hanya covernya aja berbeda. Dan satu lagi bener kata-kata yang pernah saya baca/dengar "kalo mau tau sifat aslinya seseorang, pergilah bersamanya lebih dari 3 hari" :P

Oh iya, teman saya, lani, mendedikasikan dirinya menulis cerita perjalanan kami. Jika ada yang penasaran sila buka blognya dia di ceritalanikyu.blogspot.com 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar