RSS

PASSION

Hari ini seperti hari-hari biasa, saya bersama teman-teman saya berdiskusi setelah usai kelas. Ada hal yang menarik ketika ada teman menanyakan mau ngapain dan  ingin menjadi apa nantinya? apakah ingin menjadi ini atau menjadi itukah. Ada yang menjawab spesifik ingin menjadi bisnisman atau milioner, namun ada juga yang menjawab tidak spesifik seperti kata-kata "biarkan mengalir apa adanya". Saya menghargai apapun pendapat teman saya itu.

Datanglah giliran saya... Saya jawab dengan pasti, saya mau jadi researcher, lecturer, pokoknya fokus dibidang akademik. Saya tidak menjelaskan mengapa.

Hmm... kembali lagi ke teman-teman saya tadi, saya seolah-olah melihat diri saya tiga tahun yang lalu, dimana saya binggung dan belum menentukan ingin ngapain, let it flow atau mungkin juga tidak terlalu nyaman memberitahu pada orang lain. Pencarian fokus itu cukup lama didiri saya. Maksud saya begini, saya ini tipe orang yang banyak maunya, ingin ini itu, design, musik, lukis dan bla bla bla. Jadi saya mesti menentukan intisari dari semua hal. Ketertarikan saya pada dunia pendidikan dimulai ketika saya melakukan KKN di Cianjur. Disana saya bersama teman-teman yang lain mengabdi membantu guru mengajar di SD, MI dan SMP. Kebetulan saya dapetnya di SD, ngajar IPA dan matematika kelas 5. Saya coba menggunakan metode Mind Mapping yang dikembangkan Tony Buzan dalam penyampaian materi. Saya mendapatkan kepuasan, kebahagiaan, kesenangan ketika anak-anak tersebut mengerti dan menangkap dengan mudah pelajaran. Seperti sesuatu yang sulit dijelaskan. Kemudian saya tidak terlalu memperdulikan hal tersebut. Kemudian saya juga merasakan kebahagiaan yang membuncah ketika selesai bimbingan skripsi per-BAB dengan dosen pembimbing I saya dan menemukan 'apa ini'. Saya merasa bahwa ini benar-benar menyenangkan. Waktu berlalu, saya selesai kuliah dan kemudian bekerja di salah satu bank syariah. Dan sempat juga merasakan magang, ngikutin jadi wartawan. Pengalaman tersebut menarik namun seperti ada yang kurang dalam diri saya. Kemudian suatu ketika saya membeli buku "Your job is not your career". Buku ini menarik karena menjelaskan tentang passion. Bagaimana harusnya mencari passion dari awal. Apa yang benar-benar kamu PALING inginkan. Bagaimana menjadi orang yang jujur pada diri sendiri. Passion tiap orang berbeda. Ada orang yang perduli dengan hal itu ada juga yang tidak. Tapi saya rasa saya harus mencari 'sesuatu' tersebut. Sesuatu yang jika saya lakukan saya bahagia. Dan akhirnya saya tahu apa itu. Terlalu lama sebenarnya, bagusnya memang udah tau dari dulu. But it's ok, toh saya udah balik ke'jalur' saya sekarang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar