RSS

Bencoolenese at Bencoolen Street in 'another' Bencoolen

Bengkulu...


Mungkin sebagian rakyat Indonesia belum tau dimana letak persisnya Provinsi Bengkulu. Sewaktu Saya baru masuk kuliah dulu, ketemu teman baru yang nanyain Saya dari mana dan Saya jawab dari Bengkulu. Terus dia bilang "Oh... yang di Sulawesi itu ya?". -__-
Hah... Kalo pake istilahnya Justin Bieber, 'some random place in Indonesia'.

Bengkulu adalah provinsi yang terletak dipesisir barat pulau Sumatra. Tepatnya berbatasan dengan Sumatra Selatan disebelah timur, Lampung disebelah selatan dan Sumatra Barat disebelah utara. Bengkulu ini punya nama lain dalam bahasa Inggris yaitu Bencoolen. 

Jadi nih sejarahnya zaman dulu British Eash India Company (EIC) dari Inggris yang merupakan saingan beratnya Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) Belanda ngejajah Bengkulu. Dibawah jajahan Inggris nama daerah Bengkulu ini diganti jadi 'Bencoolen'. Gak tau juga kenapa mungkin karena Bengkulu ini terletak di dekat laut yang kalo diliat secara geografisnya dekat sama jajahan Inggis lainnya, India. Inggris pernah menjajah wilayah Indonesia lainnya tapi nggak lama keburu diambil alih sama kumpeni Belanda. Nah, Sementara Indonesia telah dikuasai kumpeni, Bengkulu ini masih nyempil sebagai bagian kepemilikan Inggris padahal daerah Sumatra lainnya telah dikuasai kumpeni. Gegara ini lah kosakata didaerah Kaur banyak yang asalnya bahasa Inggris, misalnya; skul (school), rul (ruler), bal (ball), balkit (blancet), ngetrai (nge-try), dll.

Dilain pihak Pulau Tumasik (nama Singapore jaman dulu) masih kepunyaannya Belanda. Padahal Malaka (Malaysia) dikuasai Inggris. Ya udah deh... karena daerah jajahan mereka ini saling nyempal nyempil satu sama lain, akhirnya mereka bikin 'Perjanjian London' tahun 1824 dan resmi tukeran wilayah. Tumasik resmi milik Inggris dan Bencoolen milik Kumpeni Belanda.

Jadi... Bengkulu itu adalah Singapore yang nggak jadi.

Terus bangga? ya enggak lah, tidak akan pernah ada kebanggaan diatas penjajahan. *jiwa patriotisme keluar. hehehe....

Sedikit banyak bekas penjajahan tersebut masih melekat. Jika anda ke Bengkulu, silahkan ke daerah pantai panjang liat BIM (Bengkulu Indah Mall) yang belakangan namanya diganti jadi Bencoolen mall. sebagian toko dan agen travel di Bengkulu juga menggunakan nama 'Bencoolen' ini sebagai nama brand mereka.

Karena dan berhubung dan menimbang dan seterusnya, sewaktu Saya ke Singapore Saya bela-belain nyari bukti sejarah tersebut*halaah*. Di Singapore juga terdapat bangunan dan jalan yang mengunakan nama 'Bencoolen', contohnya Apartment The Bencoolen, Bencoolen Street, Bencoolen Link, Hotel Bencoolen. Jika anda penasaran, coba cek sendiri kesana. Demikian. ^^   







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Yazoo mengatakan...

Hi Disfa. To add on the fact about Bencoolen in Singapore. Apparently there was a burial ground for Bencoolenese community right in the centre of Orchard Road near the current Istana since 1846. You can check the old map of Singapore here https://libmaps.nus.edu.sg/ It is interesting to know that the Bencoolenese has set root here in the early year of modern Singapore. Hope this will add some fun facts in your blog.

Posting Komentar