Sabtu, 11 Mei 2013

Kekuatan Kerjaan

Hari ini minggu, dan seperti biasanya adalah jadwal nonton saya dari pagi. Entah mengapa hari ini saya keklik trans tv dengan acaranya selamat pagi dan pada saat itu saya melihat seorang presenter. Saya tidak kenal tapi saya search aja di google ternyata namanya roland lagonda. Pada saat nonton dia spontan saya bilang "menyenangkan sekali pekerjaannya. bekerja tapi seperti tidak bekerja. ga kaku". kenapa saya terceplos bilang seperti itu karena pada saat nonton saya melihat dia sedang main polo lumpur dengan para ibu-ibu. lempar-lemparan bola sambil berkubang dilumpur. Saya sebagai penonton merasa "waaah..seru!". Ya seru, seseru yulika satria daya bawain "backpacker" menarik tapi nggak lebay (banyak tuh presenter yang lebay-lebay kalo bawain acara, bukannya seru malah males liatnya -_-). Namun bedanya "Selamat Pagi" tetap lanjut sedangkan "Backpacker" stuck programnya berhenti gitu aja.

Oke balik lagi, saya rasa pekerjaan-pekerjaan seperti presenter tv bisa langsung lekat dengan masyarakat. Ga bakal bisa semenarik itu kalo kita hanya orang biasa kemudian melakukan hal itu. Itulah kekuatannya. Kekuatan dilatar belakang jenis pekerjaan tersebut. 

Saya jadi ingat, sewaktu dulu survey kesalah seorang calon nasabah yang kerjaannya tukang bakso kemudian mempersilakan saya bikin bakso, ngebulet-buletin sendiri rebus sendiri. Itu pengalaman pertama saya bikin bakso. Terus pergi ke toke ikan, udang dengerin mereka cerita proses pengerjaan pengepakan barang untuk diimpor. Kemudian ke petani sawit, karet dan dengarin curhatan mereka tentang naik turunnya harga karet. Terus pengusaha bengkel las dan bengkel motor jadi tau kalo ban itu ada banyak jenisnya dan motor mio saya pake yang 14^^, saya baru tau kalo barang-barang bengkel itu mahal-tenmahal keliatannya aja pajangan alat-alat itu kecil dan kumal tapi harganya kayak harga di toko-toko emas.  Kalo nggak jadi pegawai bank belum tentu bisa bikin bakso, belum tentu diterima hangat dan mendengarkan curhatan mereka. Haha... curhatannya banyak banget, tapi yang paling banyak adalah cerita tentang masalah keluarga dan keuangan. Ada keponakannya yang minggat karena ga di beliin mobil jazz dibeliinnya mobil avanza, ada yang selingkuh punya istri dua satu buat kehidupan sebenarnya satu buat diporotin, dengerin curhatan tentang hutang-hutang dan keuntungan bisnis, banyak lah ketemu jenis-jenis karakter manusia. Ada baik, ada jahat, ada setengah-setengah. Bikin wawasan nambahlah. 

Udah ah segitu aja nulis-nulisnya, mau masak dulu. bye bye^^